To Download Free Books or Contents Click Here!!!!

Monday, 1 September 2008

PORFIRIN: Apa yang membuat darah berwarna merah dan rumput berwarna hijau?

Cincin pirol yang membentuk blok penyusun dari bebrapa pigmen yang enting secara biologis. Porifin ialah senyawa mekrosiklik yang mengandung empat cincin pirol yang bertautan melalui jembatan sau karbon. Molekul datar dan memiliki sistem konjugasi dari elektron 18,yang ditunjukkan dengan warna dalam molekul induk porfin.

Porfirin luar biasanya stabil dan berwarna tajam. profirn membentuk komplek dengan ion logam. pada kompleks ini ikatan hidrogen dengan dua nitrogen tidak tebentuk, dan masing-masing dari keempat nitrogen menyumbang sepaang elektron kepada logam, yang terletak ditengah struktur.

Porfirin sendiri tidak terdapat dialam, namun senyawa analognya dengan berbagai rantai samping pada cincin pirol merupakan senywa penyangga hidup yang sangat penting. salh satu yang penting adalah HEM, taitu komplek besi-porfirin yang menyebabkan darah berwarna merah pad arteri. HEM berada dalam sel darah sebagai kompleks dengan protein yang dinamakan globin. kompleks ini dinamakan hemoglobin. kompleks ini berperan dalam pengangkutan oksigen dan pengikatannya ke tempat-temat yang memerlukan.

Warna hijau pada tumbuhan disebabkan klorofil, yaitu komplek magnesium dengan porfirin yang termodifikasi. pigmen ini terletak dalam kloroplast, satu atau berapa diantaranya dapat berada dalam sel, bergantung pada tumbuhan. korofila adalah suatu ester dari alkohol berantai panjang yang disebut fitol, yang membantu melarutkan pigmen dalam kloroplast.



0 Comments:

Lihat juga disini...