To Download Free Books or Contents Click Here!!!!

Monday 1 September 2008

Polimer degradable salah satu pemecahan masalah sampah plastik

meluasnya pengunaan material plastik polimer yang menyumbang begitu banyak pada standar hidup kita telah membawa polusi. apa yang harus dilakukan jika material ini tidak digunakan lagi? Insenerasi merupakan salah satu jawaban bagi masalah ini, tetapi ini dapat disertai dengan lepasnya zat beracun kelingkungan. pemecahan lain adalah daur ulang, contohnya polietilena tereftalat (PETE), yang anyak digunakan dalam botol plastik minuman ringan, dapat didaur ulang sebagai serat poliester untuk pembuatan karpet, atau pengisi jok. juga wadah susu yang dibuat dari polietilena densitas tinggi (HDPE) dapat didaur ulang dengan berbagai cara sebagai contohnya sebagai papn plastik.

pemecahan ketiga bagi masalah polusi ini adalah mengembangkan polimer-polimer yang teruraikan lingkungan, begitu material ini tidak digunakan. Pendekatan ini sangat sulit sebab sering kali keawetan plastiklah yang membuatnya lebih bermanfaat. Tentu tidak ada gunanya membuat produk yang memulai terurai begitu keluar dari pabrik. namun demikian bebrapa polimer degradable yang berguna secara komersial telah dikembangkan. contohnya bila etilena dipolimerisasi dengan kehadiran karbon monoksida dihasilkan polimer seperti polietilena yang mengandung gugus karbonil. material ini yang telah digunakan dalam produksi kantong sampah dan cicncin plastik pengikat kaleng minuman ringan, menjalan degradasi jika dipaparkan cahaya ultraviolet karena sifat foto kimia dari gugus karbonil..

baru-baru ini telah dikembangkan biopolimer yang digunakan untuk pembuatan plastik. polihidroksialkanoat seperti poli(3-hidroksibutirat) (PHB), dan poli(3-hidroksivalerat) (PHV) ialah poliester yang terdaat dialam, dihasilkan oleh bakteri tertentu. PHB dan PHV sanat menarik karena sifatnya yang biodegradable, karena merupakan polimer alami, material ini mudah dirombak oleh mikroorganisme tanah dan karenanya cepat hilang dari lingkungan sesudah dibuang. meskipun masih perlu dilihat seberapa luasnya pemanfaatn plastik biodegradable, penelitian dan pengembangan material ini terus berlanjut sembari kita berurusan dengan persoalan lingkungan modern.



0 Comments:

Lihat juga disini...