To Download Free Books or Contents Click Here!!!!

Monday 15 September 2008

TEKNIS PENULISAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH KIMIA

Sistematika penulisan
a. Halaman judul menampung:
i. Logo sekolah
ii. Judul diketik dengan huruf capital, menunjukkan dengan tepat permasalahan yang ditulis dan tidak membuka peluan yang dapat menimulkan lebih dari satu penafsiran.
iii. Nama dan NIS siswa
iv. Nama sekolah
v. Kota
vi. Waktu Penulisan

b. Halaman pengesahan
c. Kata pengantar
d. Daftar isi
e. Daftar lain (jika ada missal, daftar tabel, daftar grafik, daftar gambar, dll)
f. Pendahuluan
i. Latar belakang
ii. Perumusan masalah
iii. Tujuan penulisan
iv. Manfaat penulisan
g. Telaah pusataka
Tinjauan pustaka merupakan kerangka konseptual berisi bhasan/konsep/teori yang mendukung penulisan yang dapat diperoleh dari jurnal penelitian, buku, atau sumber-sumber lainnya.
h. Metode penulisan
Karya iomiah yang menguraikan secara cermat cara/metode pengumpulan informasi dan atau data, analisis informasi dan atau data, penarikan kesimpulan, serta merumuskan saran. Metode penulisan dapat mencakupi pendekatan penulisan, sumber penulisan, sasaran penulisan, tahapan penulisan.
i. Analis dan sintesis
Uraian hasil kajian, temuan, ide pengembangan yang sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan.
j. Penutup
Berisi simpulan dan saran yang relevan dengan uraian kerangka pemikiran terdahulu sehingga tidak bertentangan
k. Daftar Pustaka
l. Lampiran-lampiran
Biodata peserta terdiri atas: nama, tempat dan tanggal lahir, NIS, Jurusan, Sekolah, prestasi/penghargaan dalam menulis. Foto kopi kartu OSIS yang masih berlaku. Lampiran lain yang diperlukan.

Persyaratan penulisan
m. Naskah minimal 20 halaman dan maksimal 30 halaman (dihitung mulai dari halaman pendahuluan). Jumlah halaman tidak sesuai dengan ketentuan maka akan mengurangi nilai.
n. Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, sbb, dll.
o. Naskah diketik dengan spasi 1,5 pada kertas A4 dengan font Times New Roman ukuran 2, jarak pengetikan 4 cm dari smping kiri, 3 cm dari samping kanan, 3 cm dari batas atas, 3 cm dari batas bawah.
p. Jarak pengetikan
i. Cara penulisan Bab dan Sub ba tidak menggunakan system numeral, artinya tidak ada penomoran bab dan sub bab. Penulisan bab baru mebgikuti bab sebelumnya dengan jarak 3 spasi antara judul dengan baris terakhir bab sebelumnya (tidak berganti halam baru)
ii. Judul bab duketik menggunakan huruf capital dengan font style bold (cetak tebal) dan ditengah-tengah tanpa digaris bawahi.
iii. Judul sub bab ditulis dengan font style italic (cetak miring), dimulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis huruf capital, kecuali kata-kata tugas, seperti preposisi ( di, ke, dari, yang, antara, pada, untuk, tentang, dengan ); kata sambung (dan, atau, sejak, setelah, karena)
iv. Judul anak sub bab ditulis dengan font style italic (cetak miring) dimulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf capital, kecuali kata kata tugas, seperti preposis (di, ke, dari, yang, antara, pada, untuk, tentang, dengan ); kata sambung (dan, atau, sejak, setelah, karena)
v. Jarak pengetikan antar bab dan sub bab 3 spasi, antara subbab dan kalimat dibawahnya 2 spasi.
vi. Alinea baru diketik menjorok kedalam sebanyak 7-8 karakter (sekitar 1,25c,)
vii. Abstrak diketik dengan 1 spasi.
Penomoran Halaman
q. Bagian kelengkapan administrative yang meliputi ha;am judul, nama/daftar anggota kelompok, halaman pengesahan serta kata pengantar apabila ada, diberi nomor halaman menggunakan angka romawi kecil diketik disebelah kanan bawah. (i, ii, dan seterusnya).
r. Bagian utama naskah (naskah artikel) diberi nomor halam menggunakan angka latin dimulai dengan nomor 1 dan diketik di sebelah kanan atas engan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1,5 dari tepi atas.
s. Nomor halaman pertama dari tiap bab tidak diketik tetapi tetap diperhitungkan.


1 Comment:

Anonymous said...

ThaNkz daaah inFormAsinaaa

Lihat juga disini...